Apa yang anda harapkan dari hasil belajar anak-anak anda? Apakah nilai-nilai yang tinggi? Rangking? Bertambahnya keterampilan dan pengetahuan ? Penanaman nilai-nilai moral ? Polemik antara patokan nilai dan meningkatnya kemampuan secara nyata dari para peserta didik selalu telah lama terjadi. Target ketercapaian materi atau ketuntasan materi selalu dipatok dari nilai. Sementara meningkatnya keterampilan atau nilai moral yang tertanam tidak dapat hanya diukur dari penilaian formal semata. Portofolio atau karya merupakan bukti otentik penguasaan keterampilan dan pengetahuan yang dikuasai peserta didik sehingga nilai angka yang bersifat parsial tidak akan mampu merepresentasikan kemampuan sesungguhnya yang dimiliki peserta didik.

Evaluasi juga tidak sekedar menilai karya, namun juga kesungguhan, konsistensi dan motivasi peserta didik dalam proses belajarnya.  Kecerdasan yang tidak ditunjang dengan usaha dan semangat belajar yang tinggi akan sia-sia. Sebaliknya, usaha dan semangat belajar akan mampu menghantarkan peserta didik meraih target-target yang hendak dicapai.

Seyogyanya, hasil evaluasi belajar tidak hanya dipatok pada angka-angka semata namun lebih jauh lagi mampu memberikan rekomendasi kepada peserta didik dan orang tua untuk melakukan perubahan-perubahan progresif di masa datang.

Penulis, Asrilla Noor

 

 

One Response

  1. Saya setuju, ini semua saya terapkan di anak2 saya, karena akhlak yang bagus menjadikan mereka akhirnya bertanggung jawab dengan hak dan kewajiban mereka dalam belajar,

Leave a Reply